Jumat, 10 Desember 2010

Tokoh Khas Indonesia

Berikut adalah “ikon” hiburan Indonesia. Indonesia memiliki beberapa tokoh yang terkenal yang tidak kalah dengan tokoh kartun luar negeri. Tokoh –tokoh tersebut ‘wajib’ diketahui oleh orang indonesia karena tokoh tersebut mencerminkan kebudayaan indonesia. Jangan sampai masyarakat indonesia terjajah dengan terbuai oleh tokoh kartun luar negeri.

Unyil
Siapa yang tidak kenal dengan tokoh yang satu ini. Dia adalah tokoh boneka opera yang terkenal semenjak dulu. Tokoh si unyil pertama diperkenalkan oleh sang pelopor yang juga seniman senior yaitu yang biasa dipanggil pak raden dengan gaya ciri khasnya yaitu kumis melengkungnya yang tebal. Unyil dan kawan-kawan melakukan berbagai “kegiatan”  yang menarik seperti ‘unyil kucing’ yaitu permainan yang dilakukan unyil dan kawan kawan ketika berlari dikejar pak raden karena mengambil jambu pak raden. Dalam kisah unyil tersirat tentang kegiatan anak-anak yang memberikan pelajaran yang dapat diambil anak-anak. Yang pasti kegiatan unyil merupakan kegiatan anak-anak seperti petak-umpet, yang hampir tidak dilakukan oleh anak-anak jaman sekarang.




Susan
Merupakan boneka pertunjukan yang dilakukan Ria Enes. Susan adalah boneka anak-anak yang periang. Dalam pertunjukannya, susan berbicara layaknya manusia & bercanda. susan juga dapat bernyanyi. Bahkan susan mempunyai lagu sendiri seperti “cita-citaku”. Dalam masanya, boneka susan sangat populer, terbukti dari penjualan boneka ini yang tinggi.



Wayang
Dahulu Wayang merupakan alat yang membantu penyebaran agama. Wayang merupakan kesenian tradisional dengan ‘dalang’ sebagai orang yang bercerita dan melakukan gerakan-gerakan wayang tersebut. Dalam pertunjukan wayang juga terdapat amanat yang dapat diambil oleh masyarakat baik dalam bidang sosial, agama maupun budaya. Dalam pelakunya wayang dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti wayang kulit, wayang kayu, wayang orang dan sebagainya.





Cepot
Cepot merupakan wayang kayu yang berwarna merah dengan memakai baju yang khas. Dikisahkan cepot merupakan ‘orang’ jawa barat. Cepot kerap melakuan humor-humor khas jawa barat. Saking terkenalnya, pada jaman itu cepot kerap mengisi acara-acara di stasiun televisi sebagai bintang tamu.



Itulah tokoh –tokoh yang terkenal di indonesia. “ Kita” berharap orang indonesia jangan sampai lupa dengan ‘sejarah’ tersebut....

0 komentar:

Posting Komentar

 
;