Selasa, 04 November 2014

Mineral Muskovit, Apakah itu ??


Sekarang Kami akan informasi mengenai edisi geologi yaitu mengenai mineral. Mineral di bumi ini banyak jenisnya, salah satunya yaitu muskovit. Mari berkenalan dengan mineral ini :)




Muskovit ( KAl2(AlSi3O10)(OH)2 ) adalah mineral phyllosillicate dari almunium dan potasium. Mineral ini berbentuk lembaran dengan tingkat plastisitas yang tinggi. Lembaran muskovit yang termasuk lembaran mineral yang besar ditemukan di Nellore, India, dengan ukuran 5x3m
Muskovit memiliki tingkat kekerasan 2 - 2,25 mohs dan memiliki specific gravity sebesar 2,76 - 3. Mineral ini dapat berwarna abu abu, coklat, hijau, kuning, violet (jarang), atau tanpa warna dan dapat transparan atau translusen. Muskovit merupakan mineral anisotropic dan memiliki dwibias yang tinggi dengan sistem kristal monoklin. Muskovit yang berwarna hijau mengandung kaya akan kromium disebut fuschite, dan juga marioposite juga kaya akan kromium.
Muskovit merupakan mineral mika yang paling umum dijumpai pada batuan granit, pegmatit, genes, dan sekis. Muskovit terbentuk dari pendinginan magma pada suhu rendah sekitar 600oC. 

Nama muskovit berasal dari kaca muskovy, sebutan mineral yang diberikan di inggris, didasarkan pada penggunaannya pada masa Pertengahan Rusia sebagai kaca jendela yang lebih murah. Penggunaan ini diketahui secara luas di Inggris selama abad ke 16. Penyebutan ini berada di dalam surat George Turberville, Sekertaris Kedutaan Inggris untuk Rusia pada 1568. Penemuan mineral muskovit sendiri yaitu pada tahun 1850.



Muskovit memiliki ciri ciri optis yaitu ; indeks refraksi 1,55 - 1,61 sudut sumbu 30 - 47o. Dan memiliki ciri ciri fisik yaitu: belahan 1 arah, densitas 2,77-2,88, pecahan brittle-sectile, tidak fluorecent, kilap kaca-mutiara, cerat putih. 


Sumber: www.geologpage.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
;