Selasa, 09 Desember 2014

Mineral Hematit, Apakah itu ??

Sekarang Kami akan informasi mengenai edisi geologi yaitu mengenai mineral. Mineral di bumi ini banyak jenisnya, salah satunya yaitu hematit. Mari berkenalan dengan mineral ini :)
Hematit merupakan mineral yang mempunyai rumus kimia oksida besi Fe2O3. Hematit memiliki sistem kristal rhombohedral dan memiliki struktur kristal yang sama dengan ilmenit dan korondum. 
Hematit dan ilmenit membentuk bentuk solid solution pada suhu diatas 950oC.
Hematit biasanya berwarna hitam, abu abu, coklat, atau kemerahan. Hematit ditambang sebagai bijih utama dari besi. Hematit  memiliki jenis yang bervariasi seperti Kidney ore, martite, iron rose, dan specularite.


Endapan dari hematit yang tergolong melimpah yaitu terdapat pada Banded Iron Formation. Hematit yang berwarna abu abu biasanya ditemukan didalam air atau mata air panas, seperti di Yellowstone National Park, Amerika Utara. Mineral ini dapat presipitasi mengeluarkan air dan membentuk lapisan pada bagian bawah dari danau, mata air panas atau tubuh air yang lain. Hematit juga dapat terbentuk pada kondisi tanpa air, biasanya akibat aktivitas gunung api.
Hematit dapat terbentuk sebagai mineral sekunder sebagai akibat dari aktivitas pelapukan batuan. Biasanya terdapat bersamaan dengan oksida besi lain seperti goethite.



Hematit memiliki ciri ciri fisik yaitu: Tidak mempunyai belahan, warna abu abu kemerahan, hitam, hitam kemerahan. Hematit memiliki berat jenis 5,3 dan indeks kekerasan yaitu 6,5. Hematit memiliki ketembusan cahaya subtranslucent - opaque, pecahan konkoidal, kilap logam, dan cerat coklat kemerahan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;