Sabtu, 11 Desember 2010

Penemuan Terbesar : Pengubah Kebudayaan

"Kita" akan membahas perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi yang ada memudahkan dalam hidup kita. Tetapi ada penemuan penemuan manusia sehingga mengalami perkembangan yang lebih modern.

Api
Api memang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia seperti memasak, menghangatkan tubuh, atau penerangan. Api atau energi panas dihasilkan dari menggesekkan 2 buah batu atau kayu kering hingga terbentuk percikan api. Tetapi awal manusia mengenal api adalah ketika manusia purba secara tidak sengaja melihat cahaya atau energi panas saat petir menyambar pohon-pohon disekitarnya. Mulai dari saat itu, sistem peradaban sudah mulai berubah. Manusia purba sudah bisa mulai memasak, berburu,dan mengenal penerangan.



Bahasa
Manusia berkomusikasi sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhannya yang bermula dari gaya hidup masa dahulu yaitu masa purba sehingga terbentuk apa yang disebut bahasa. Bahasa yang pertama kali dilakukan sebelum mengenal tulisan adalah dengan simbol-simbol, gambar, atau gerakan tubuh. Misalnya: apabila ada bahaya maka orang akan berteriak sekeras-kerasnya. Jaman semakin berkembang, bahasa yang digunakan semakin kompleks yaitu yang berasal dari tulisan yang kemudian diolah lagi sehingga menjadi komunikasi verbal.


Roda
Adalah benda yang bundar yang dapat berputar. Ditemukan di Mesopotamia pada jaman 300 SM yang kemudian berkembang ke cina, arab, eropa adn akhirnya ke seluruh dunia. Perkembangan roda dimulai dari yang paling sederhana yaitu bundar utuh dengan pasak ditengahnya. Tetapi lanjut berkembang roda-roda yang berjari-jari. Roda diciptakan disebabkan kesulitan saling mengunjungi antar manusia dengan jarak yang jauh dan kondisi alam yang buruk.



Mesiu
Benda tajam seperti pisau dan tombak sudah kita kenal sejak dahulu yang digunaka untuk mempertahankan diri atau berperang. Seiring kemajuan jaman dan teknologi, pada abad ke 9 Cina mencoba ramuan tentang senjata yang dapat digunakan dengan jarak yang jauh, hingga kita kenal yang disebut mesiu atau bubuk hitam yang merupakan peledak, pendorong peluru senjata api atau pada kembang api.


Uang
Manusia adalah makhluk sosial yang berarti membutuhkan manusia satu dengan yang lain. Pada jaman dahulu ketika kita menginginkan suatu barang maka digunakan bahasa atau sistem barter. tetapi semakin lama dengan kebutuhan yang semakin kompleks maka sistem barter menemukan masalah yaitu tidak adanya nilai suatu barang. Hingga pada akhirnya benda yang disebut uang yang berbentuk logam dijadikan alat tukar. Logam logam dari timah dan perak yang setiap orang menghancurkan dan meleburkannya untuk dijadikan sebagai perhiasan.


Listrik
Listrik sudah ditemukan saat jaman yunani kuno dulu hingga pada tahun 1821 seorang ilmuan asal inggris yang bernama Michael Faraday menemukan listrik dimana dengan arus listrik dapat membuat benda-benda bergerak. Penggunaan listrik dikembangkan oleh ilmuan amerika Thomas yang membantu pencahayaan.


Telekomunikasi
Peradaban manusia semakin lama semakin berkembang. Akibatnya yang digunakan juga semakin berkembang. Dengan adanya penemuan roda, uang dan listrik, tahun 1849 seorang ilmuan asal itali Antonio Meucci menemukan alat komunikasi telepon yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain dengan jarak yang berjauhan  
Itu beberapa penemuan yang engubah kehidupan manusia.....

0 komentar:

Posting Komentar

 
;